Rabu, 16 Juni 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sukasada
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas : XI IB
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 jam (2 x 45 menit)

II. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan informasi dalam paragraf deskriptif, naratif, dan ekspositif

III. KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyusun paragraf deskriptif

IV. INDIKATOR
1. Menyusun kerangka paragraf deskriptif
2. Menulis sebuah paragraf deskriptif

V. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyusun kerangka paragraf deskripsi.
2. Siswa dapat menulis paragraf deskripsi berdasarkan kerangka yang telah dibuat.

VI. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian paragraf deskripsi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu berdasarkan pengalaman semua panca indra dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Objek yang dikembangkan dalam paragraf deskripsi berhubungan dengan ruang dan waktu.

2. Pola pengembangan paragraf deskripsi
a. Pola pengembangan pengamatan
Paragraf deskripsi pengamatan dikembangkan dengan melakukan pengamatan terhadap objek yang akan dideskripsikan. Pembaca seolah-olah dapat melihat atau mengamati sendiri tentang objek yang dilukiskan. Contoh:
Setiap sore awan terlihat menggantung. Awan mendung dianggap pertanda akan turun hujan. Awan bergulung-gulung tertiup angin. Ada yang bersatu dengan awan lain. Ada juga yang terpencar.
Tidak lama petir menyambar. Kemudian, hujan pun turun. Hujan turun dengan sangat deras. Air mengalir ke segala arah dan menggenang di mana-mana. Rupanya peresapan air ke dalam tanah semakin berkurang akibat betonisasi.

b. Pola pengembangan fokus
Paragraf deskripsi fokus dikembangkan dengan menonjolkan suatu bagian objek yang dideskripsikan. Perhatian pembaca atau pendengar terfokus pada bagian objek yang dideskripsikan. Paragraf ini menggunakan pilihan kata atau kalimat yang tepat dan menarik perhatian pendengar. Contoh:
Suasana pagi hari pantai Indah sangat sejuk. Warna biru menghiasi indahnya langit. Suara ombak yang berdebur mengusik kesunyian. Semilir angin sepoi-sepoi menambah sejuknya udara pagi. Hiruk pikuk perahu nelayan yang akan mendarat membuat suasana tambah semarak. Pantai dihiasi pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Selain menggambarkan peristiwa, paragraf deskrisi dapat digunakan untuk menjelaskan objek benda, manusia atau binatang. Contoh :
• Kayika sangat cantik. Rambutnya lurus sebahu. Kulitnya sawo matang. Sorot matanya teduh dan berhidung mancung.
• Benda ini digunakan untuk membersihkan debu. Benda ini terbuat dari bulu ayam.
• Binatang ini berkaki empat. Biasanya sering bertengkar dengan kucing. Tiap malam ia sering mengonggong.

3. Ciri-ciri paragraf deskripsi
a. Dalam paragraf deskripsi, hal-hal yang menyentuh pancaindera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, atau perabaan) dijelaskan secara terperinci. Inilah ciri-ciri paragraf deskripsi yang menonjol.
b. Ciri yang kedua adalah penyajian urutan ruang. Penggambaran atau pelukisan berupa perincian disusun secara berurutan; mungkin dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah, dari depan ke belakang, dan sebagainya.
c. Ciri deskripsi dalam penggambaran benda atau manusia didapat dengan mengamati bentuk, warna, dan keadaan objek secara detail atau terperinci menurut penangkapan si penulis.
….seorang gadis berpakaian hitam…..
….tiga lelaki tanpa alas kaki….

4. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis paragraf deskripsi
a. Bahasa
a) Ejaan
Ejaan harus diperhatikan dalam menulis paragraf deskripsi. Misalnya penggunaan tanda baca (koma, titik, titik dua), penggunaan huruf kapital, dan lain-lain.
b) Pilihan kata atau diksi
Pilihan kata haruslah tepat dan menarik disesuaikan dengan topik yang dipilih.
c) Keterpaduan kalimat dalam paragraf
Kalimat yang dibuat haruslah padu sehingga mudah dalam memahami paragraf yang ditulis.
d) Sistematika paragraf
Susunlah paragraf secara sistematis. Ada dua cara menyusun paragraf, yakni induktif dan deduktif.

• Induktif yaitu ide utama terletak di akhir paragraf.
• Deduktif yaitu ide utama terletak di awal paragraf yang diikuti beberapa kalimat penjelas.
b. Isi atau substansi
Mendeskripsikan objek yang ditulis secara rinci, detail, dan jelas.

5. Tahap-tahap dalam menulis paragraf deskripsi



















VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Strategi : kerja individu
2. Model : Ceramah interaktif, tanya jawab, penugasan


Langkah-Langkah Pembelajaran
No Struktur Kegiatan Pembelajaran Waktu
1. Pendahuluan a. Guru melakukan presensi atau mengecek kehadiran siswa.
b. Guru melakukan apersepsi tentang paragraf deskripsi.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 5 menit
2. Kegiatan inti Eksplorasi
a. Siswa menggali wawasan seputar paragraf deskriptif.
b. Siswa memerhatikan hal-hal penting dalam paragraf deskriptif.
Elaborasi
a. Siswa memerhatikan pengarahan guru tentang tugas yang akan dikerjakan.
b. Siswa diberikan undian yang berisi pembagian objek yang harus diamati secara individu.
c. Masing-masing siswa mengamati objek yang didapat.
d. Siswa menyusun sebuah kerangka paragraf deskripsi.
e. Siswa menulis paragraf deskripsi berdasarkan kerangka yang telah dibuat.
f. Masing-masing siswa menukarkan hasil tulisan dan saling memberikan penilaian berdasarkan pedoman pengeskoran yang diberikan guru.
g. Siswa menentukan tulisan terbaik dan mendemonstrasikannya di depan kelas.
Konfirmasi
a. Masing-masing siswa memperbaiki hasil tulisannya yang kurang tepat.
10 menit
10 menit


3 menit

2 menit

4 menit
10 menit
20 menit

10 menit


3 menit


3 menit

3. Penutup a. Guru merangkum materi pelajaran.
b. Guru mengadakan refleksi dan evaluasi pembelajaran.
c. Guru memberikan tugas. 10 menit

VIII. ALAT, BAHAN, SUMBER
1. Alat : spidol, papan tulis, penghapus
2. Sumber : - Terampil Berbahasa Indonesia 2 Kelas XI karangan Gunawanan Budi Santoso, dkk.
- Kompeten Berbahasa Indonesia 2 Kelas XI karangan Mfrukhi, dkk.
3. Bahan : materi tentang paragraf deskriptif


IX. PENILAIAN
1. Jenis Tagihan : tugas individu
2. Bentuk instrumen : tugas uraian
3. Instrumen : lembar kerja siswa

Tugas terstruktur
1. Amatilah objek di sekitarmu berdasarkan undian yang diperoleh!
2. Susunlah kerangka paragraf deskripsi lalu kembangkan menjadi sebuah paragraf (minimal 9 kalimat)!
3. Tukarkanlah hasil tulisanmu dengan teman untuk saling memberikan penilaian berdasarkan pedoman pengeskoran yang diberikan guru!

Kunci jawaban
1. Undian yang diperoleh:
a. Ruang kelas XI IB
b. Wajah teman sebangku
c. Tas sekolahmu
d. Buku tulis
2. Kerangka paragraf deskripsi
a. Ruang kelas XI IB
a) Bentuk ruangan
b) Ukuran ruangan
c) Warna dinding
d) Benda-benda yang ada
b. Wajah teman sebangku

a) Bentuk wajah
b) Hidung
c) Pipi
d) Mata
e) Bibir

f) Alis


c. Tas Sekolahmu

a) Fungsi
b) Bentuk
c) Ukuran
d) Warna

d. Buku Tulis

a) Bentuk
b) Ukuran
c) Warna
d) Fungsi



3. Paragraf
a. Ruang kelas XI IB
Ruangan kelas XI IB cukup luas. Bentuk ruangan menyerupai persegi yang memiliki panjang dan lebar sama. Ukuran ruangannya sama seperti kelas-kelas yang lain. Dengan panjang dan lebar 6 m x 6 m, kelas ini sudah terkesan luas. Dindingnya yang berwarna putih menambah betah siswa yang belajar. Coretan-coretan pun jarang ditemukan. Hanya pajangan-pajangan seperti gambar pahlawan yang nampak menghiasi dinding. Ruangan ini difasilitasi dengan 40 buah bangku dan kursi, termasuk didalamnya untuk staf pengajar. Di depan kelas, ada papan absen, papan tulis, tata tertib siswa, gambar pancasila, serta presiden dan wakilnya. Meja guru terletak di pojok kiri depan untuk memudahkan memantau siswa. Di bagian paling belakang, terdapat bangku dan kursi rusak yang tidak terpakai. Begitulah gambaran ruangan kelas XI IB yang selalu menyenangkan.

b. Wajah teman sebangku
Wajah teman sebangkuku sangat cantik. Berbentuk bulat menyerupai telor. Hidungnya mancung seperti para wisatawan dari luar negeri. Hal itu menambah kecantikan gadis yang lahir tujuh belas tahun lalu ini. Pipinya merona setiap laki-laki yang memandangnya. Menebarkan pesona yang tidak dapat dielakkan begitu saja. Dilihat dari segi alis tak kalah cantik. Alis tipisnya menambah keindahan matanya yang bening.Seakan tak ada beban di mata gadis kelahiran bulan Januari ini. Ketika berbicara, bibirnya yang mungil menggoda setiap mata laki-laki. Begitulah daya tarik teman seangkuku.
c. Tas Sekolahmu
Aku mempunyai tas sekolah yang sangat keren. Dilihat dari segi ukuran, tas ini cukup besar untuk menampung beberapa buku pelajaran. Dengan panjang 50 cm dan lebar 25 cm, tasku multifungsi. Misalnya saat olahraga, aku bisa menggunakannya sebagai tempat menaruh pakaian atau perlengkapan lain. Warnanya pun sangat kalem. Hampir seluruh bagian tas berwarna biru gelap sehingga tidak mencolok jika ada kotoran yang menempel.Selain buku, tasku berisi banyak perlengkapan sekolah. Alat-alat tulis misalnya, mulai dari pulpen, pensil, spidol, penghapus, hingga pulpen warna. Itulah tas sekolahku yang paling multifungsi.
d. Buku Tulis

Buku tulis temanku sangat menarik. Dilihat dari segi warna, tidak dapat disangkal lagi pasti banyak orang yang menyukai. Kuning terang, itulah warna buku tulis temanku. Selain itu, buku ini dihiasi dengan gambar-gambar menarik disampul depan. Ada gambar kupu-kupu, bunga, dan kumbang. Dilihat dari segi ukuran, kira-kira 29 cm x 18 cm menjadikannya lebih sempurna dibandingkan buku tulis yang lain. Dengan tebal halaman 36, buku ini menjadi sangat berfungsi saat pelajaran. Ketebalan kertasnya sebanding dengan kertas HVS 70 gram. Jadi, dilihat dari berbagai segi, buku temanku memang tetap menarik.

Tugas Mandiri
1. Lakukan pengamatan terhadap lingkungan rumahmu!
2. Susunlah kerangka paragraf deskripsi!
3. Kembangkan kerangka yang telah disusun menjadi sebuah paragraf deskripsi!

Kunci Jawaban
1. Objek pengamatan : kamar adikku
2. Kerangka paragraf
a. Ukuran kamar
b. Tempat tidur dan isinya
c. Cermin
d. Lemari pakaian

3. Paragraf deskripsi
Kamar itu, menurut penglihatan saya, sangatlah besar dan bagus. Sebuah tempat tidur besi besar dengan kasur, bantal, guling, dan kelambu yang serba putih, berenda dan berbunga putih, berada di kamar dekat dinding sebelah utara. Kemudian, satu cermin oval besar tergantung di dinding selatan. Di kamar itu juga ada lemari pakaian yang amat besar terbuat dari kayu jati. Lemari kokoh itu tepat berada di depan pintu kamar.







PEDOMAN PENGESKORAN PENILAIAN TULISAN OLEH SISWA
No Kriteria Deskriptor Rentangan Skor Keterangan
5 10 15 20
a. Isi/Substansi
Mendeskripsikan objek yang ditulis secara rinci, detail, dan jelas Nilai tertinggi 20
Jumlah nilai (a) 20
Rentangan Skor
1 2 3 4
b. Bahasa
a) Keterpaduan kalimat


b) Ejaan dan tanda baca
c) Pilihan kata atau diksi
d) Kepaduan paragraf
a) Kalimat yang digunakan memiliki kepaduan antar kalimat yang satu dengan lainnya.
b) Ejaan dan tanda baca yang digunakan tepat
c) Pilihan kata sesuai dengan objek yang dideskripsikan
d) Paragraf yang dibuat terorganisai dengan baik dan sistematis. Ada hubungan antar kalimat dalam paragraf.




Nilai tertinggi 4



Nilai tertinggi 4

Nilai tertinggi 4

Nilai tertinggi 4
Jumlah nilai (b) 16
Jumlah total (a+b) 20+16 =36
Keterangan:
a. Berilah tanda cek (v) pada kolom (a) 5,10,15, dan 20 dengan ketentuan :
5 = kurang 10 = sedang 15 = baik 20 = sangat baik
b. Berilah tanda cek (v) pada kolom (b) 1,2,3 dan 4 dengan ketentuan :
1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik

Penghitungan nilai skala 0 – 100 sebagai berikut.
Skor yang diperoleh (skor a + skor b)
Nilai akhir = ----------------------------------------- x skor ideal (100) = ..........................
Skor maksimal (36)

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
No Uraian Rentangan Skor Keterangan
1. Berpartisipasi aktif saat tanya jawab seputar paragraf deskripsi 0-25 Nilai tertinggi 25
2. Aktif menulis paragraf deskripsi 0-50 Nilai tertinggi 50
3. Ikut serta saat menilai tulisan teman 0-25 Nilai tertinggi 25
Jumlah nilai 100

RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
No Uraian Rentangan Skor Keterangan
1. Memerhatikan dengan saksama penjelasan guru 0-25 Nilai tertinggi 25
2. Menulis paragraf deskripsi dengan keseriusan 0-50 Nilai tertinggi 50
3. Jujur dan menjunjung sportivitas dalam dalam mengerjakan tugas dan memberikan penilaian terhadap tulisan teman 0-25 Nilai tertinggi 25
Jumlah nilai 100

Keterangan : Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut
Skor maksimal:
Soal/instrumen penilaian oleh siswa = 100
Soal/instrumen penilaian psikomotor = 100
Soal/instrumen penilaian afektif = 100
Jumlah = 300

Skor yang diperoleh
Nilai akhir = ------------------------ x skor ideal (100) = ...................
Skor maksimal (300)

Eka Parama Yuni

1 komentar:

  1. RPP yang baru harus pake format biasa tau isi elaborasi, eksplorasi, konfirmasi?

    BalasHapus